Cara Efektif Mengatasi Zat Besi dan Mangan Dalam Air

Cara Efektif Mengatasi Zat Besi dan Mangan Dalam Air

Artikel ini membahas lengkap tentang ciri2 dan cara efektif mengatasi zat besi dan mangan dalam air. Dalam kehidupan rumah tangga kita sering dipusingkan dengan masalah air zat besi dan kadar mangan tinggi.Kandungan zat besi dan mangan dalam air berbahaya bagi kesehatan. Jika zat besi dan mangan tersebut  berada alam air maka dapat menyebabkan rasa tak enak, noda, dan masalah . Karena zat besi dan mangan secara kimiawi serupa, mereka menyebabkan masalah yang sama. Besi akan menyebabkan noda berwarna coklat kemerahan pada cucian, porselen, piring, peralatan, dan bahkan barang pecah belah. Mangan bertindak dengan cara yang sama tetapi menyebabkan noda hitam kecoklatan. Sabun dan detergen tidak menghilangkan noda ini, dan penggunaan pemutih  malah menambah  noda.

Pengaruh zat besi (Fe) tinggi dan mangan (Mg):
Untuk rumah tangga, lantai rumah dan dinding bak mandi akan berwarna merah jika terkena air ini terus menerus. Selain itu pakaian akan berwarna merah / kuning jika dipergunakan untuk mencuci. Zat besi dan mangan  akan mengendap dalam pipa, tangki bertekanan, pemanas air, dan softener. Hal ini akan mengurangi debit dan tekanan  air. Akumulasi besi dan mangan akan menjadi masalah ekonomi jika pipa-pipa dan peralatan harus diganti. Energi pun akan semakin boros, karena diperlukan energi ekstra untuk memompa melalui pipa yang mengecil akibat pengendapan besi atau mangan.
Pengaruh zat besi bagi kesehatan :
Tubuh manusia perlu mineral dan zat besi !!! Ini yang perlu digaris bawahi. Coba perhatikan saja produsen produk susu untuk bayi berlomba lomba memploklamirkan bahwa produknya mengandung zat besi.

Ciri-ciri air yang mengandung zat besi (Fe)dan mangan (Mg) : 
1. Air Bau 
2. Air Keruh 
3. Air Menimbulkan endapan berwarna kuning (Kadar besi) ,Endapan berwarna hitam( Zat mangan)
4. Air terdapat lapisan minyak diatasnya (Kadar besi)
5. Air keluar berwarna kuning (Kadar besi tinggi)
6. Air keluar jernih setelah didiamkan beberapa lama berubah menjadi kuning (Kadar besi rendah)

Cara mengatasi air yang mengandung zat besi (Fe) dan mangan (Mg) di rumah tangga
1. Aerasi
Fe dapat dihilangkan dari dalam air dengan melakukan oksidasi menjadi Fe (OH)3 yang tidak larut dalam air, kemudian di ikuti dengan pengendapan dan penyaringan. Proses oksidasi dilakukan dengan menggunakan udara biasa di sebut aerasi yaitu dengan cara memasukkan udara dalam air efeknya kadar besi mengendap ke bawah sehingga kotoran2nya menempel di bak penampungan/toren air. Kelemahanya mungkin kita akan sering menguras toren tersebut agar kotoran endapan tidak ikut ke pipa instalasi.
2. Sedimentasi
Sedimentasi adalah proses pengendapan partikel-partikel padat yang tersuspensi dalam cairan/zat cair karena pengaruh gravitasi (gaya berat secara alami). Sedimentasi dapat berlangsung sempurna pada danau yang airnya diam atau suatu wadah air yang dibuat sedemikian rupa sehingga air di dalamya keadaan diam. Pada dasarnya proses tersebut tergantung pada pengaruh gaya gravitasi dari partikel tersuspensi dalam air. Sedimentasi dapat berlangsung pada setiap badan air. Biaya pengolahan air dengan proses sedimentasi relatif murah karena tidak membutuhkan peralatan mekanik maupun penambahan bahan kimia. Kegunaan sedimentasi untuk mereduksi bahan-bahan tersuspensi (kekeruhan) dari dalam air dan dapat juga berfungsi untuk mereduksi kandungan organisme (patogen) tertentu dalam air.
3. Menggunakan bahan kimia.
Banyak sekali jenis bahan kimia yang dapat dipergunakan untuk menurunkan zat besi ini. Namun saya tidak akan membahasnya disini karena harus menggunakan takaran dan metode tertentu dan takarannya berbeda beda tergantung dari seberapa tingginya zat besi dalam air tsb.
4. Teknik Penyaringan ( Filtrasi )
Cara ini terbukti paling efektif dan ampuh karena sudah terbukti berdasar riset ,dalam kebutuhan modern seperti ini teknik filter / penjernih / penyaring air sangatlah efektif dan efisien . Efisien waktu,biaya dan hasil. Cara inilah yang kami pilih sehingga J-WATER hadir dalam bisnis pengadaan alat-alat pengolahan air bersih dan air minum. Banyak sekali merk filter air/penjernih air/penyaring air di Indonesia semua tergantung kualitas ,harga dan after sales service. J-WATER filter air menggunakan media active carbon purex berfungsi menetralisir kadar besi dan zat mangan tinggi dalam air. Sistem penyerapan sampai 100%. Media active carbon PUREX ini lebih setingkat diatas dibanding media dipasaran seperti karbon aktif batu bara, manganese greensand ,zeolite,silika,pasir aktif, calgon,maupun alkali. Media active carbon purex ini masih diproduksi oleh jepang dan terbukti 3x lipat lebih tahan. Harga menjamin kualitas. Yang pasti harga media active carbon purex ini lebih mahal dibanding jenis media lainya. Jika anda tertarik menggunakan media filter air berkualitas ini bisa hubungi call center kami. Media active carbon purex dijual per 25 kg dan 35 kg. Disesuaikan dengan ukuran tabung filter air.

Tags : Cara Mengatasi Air Kuning dan Bau, Cara Mengatasi Air Bau dan Keruh, Mengatasi Air Bau Besi, Zat Besi dan Mangan Pada Air, Filter Air Keruh, Zat Besi dan Mangan, Artikel Zat Besi dan Mangan, Filter Air Zat Besi dan Mangan, Air Mengandung Mangan Tinggi, Ciri Air Mengandung Zat Besi dan Mangan, Solusi Masalah Air Zat Besi dan mangan, Saringan Air Keruh, Cara Mengatasi Air Kuning Bau Besi, Penjernih Air Kotor, Cara Efektif Mengatasi Zat Besi dan mangan Dalam Air, Penyebab Air Berminyak, Masalah Air Bersih, Cara Efektif  Mengatasi Zat Besi dan Mangan Dalam Air

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More